Kegiatan Belajar 1 | Kegiatan Belajar 2 | Kegiatan Belajar 3 | Rangkuman | Pustaka | Tes Akhir Modul

TUGAS

Kegiatan 1:

1. D Alasan Jepang menduduki wilayah Indonesia adalah alasan politis dan militeris menjadikan Indonesia yang strategis sebagai basis pertahanan Jepang di wilayah Asia Tenggara, guna menghadapi perang Asia Timur Raya.
2. D Jepang mengawali penjajahannya di Indonesia dengan melakukan:
- propaganda sebagai saudara tua bangsa Asia yang akan membebaskan bangsa Asia dan    Indonesia.
-  Menaklukkan Belanda dengan penyerahan tanpa syarat di Kalijati Maret 1942.
3. B Mengetahui posisi pergerakan Nasional sedang berada pada puncak perjuangan maka untuk menghindari diri dari perjuangan Indonesia merdeka maka jalan yang paling aman untuk Jepang adalah membubarkan organisasi pergerakan Nasional (organisasi politik)
4. A Untuk menarik simpati para tokoh pemimpin Indonesia maka Jepang melakukan rekruitmen para tokoh untuk menempati posisi penting sebagai pegawai pemerintah menggantikan pejabat Belanda yang ditawan.
5. D Salah satu organisasi Nasional yang tidak dibubarkan oleh pemerintah Jepang adalah MIAI dengan mayoritas anggota muslim akan dapat dijadikan alat bagi Jepang selain itu yang terpenting karena MIAI sendiri sangat Anti barat.
6. B Pengawasan secara politik oleh pemerintah Jepang diberikan kepadadinas polisi rahasia Jepang (Kempetai) menyebabkan para tokoh nasionalis tidak mau mengambil resiko dan menerapkan strategi perjuangan kooperatif tanpa menghilangkan semangat kebangsaan.
7. A lihat kembali bagan birokrasi pemerintah Jepang di Indonesia (Syu,Syi, Ken) atau (Karisidenan, Kota praja, Kawedanan)
8. A manfaat yang paling terasa dengan penerapan birokrasi pemerintah adalah Tonarigami (RT) yang sampai saat ini kesatuan masyarakat yang terkecil masih diterapkan
9. A Kebijakan lain yang diterapkan pemerintah dalam birokrasi adalah terbukanya kesempatan bagi tokoh-tokoh nasionalis Indonesia untuk menempati posisi penting dalam pemerintahan dan hal ini merupakan bukti terjadinya pergerakan sosial ke atas yang kita kenal dengan mobilitas sosial vertikal.
10. D Salah satu kebijakan ekonomi pemerintah Jepang adalah penerapan sistem Autarki yang mengharuskan setiap daerah dapat memenuhi kewajiban untuk memenuhi kebutuhan daerahnya dan membantu mencukupi kebutuhan perang.
11. B Cikal bakal operasi sudah dirintis sejak Jepang menerapkan kewajiban penyerahan barang yang dikoordinir oleh Jawa Hokokai. Nagyo Kumia adalah koperasi pertanian dengan sistem persentase.
12. C Penyerahan bahan pangan, kemiskinan, kesengsaraan dan kematian serta diikuti turunnya produksi pangan merupakan rangkaian dampak pengerahan Romusha secara massal.
13. D Untuk mempermudah perekrutan para Romusha, pemerintah Jepang membentuk Romukyokai di tiap desa khusus menyediakan tenaga kerja untuk Romusha.
14. B Tugas dari Romusha adalah tenaga kerja yang ditujukan untuk membangun proyek-proyek militer Jepang di luar daerah seperti di Sumatera.
15. B Kewajiban menggunakan bahasa Jepang di dunia pendidikan Jepang, tidak menutup kemungkinan bahasa Indonesia sendiri menjadi bahasa yang resmi di kantor dan di sekolah asing serta sebagai bahasa pendamping dalam dunia pendidikan.
16. B Perhatian pemerintah Jepang untuk membuka kembali sekolah yang telah ditutup pada masa pemerintah kolonial Belanda cukup besar. Hal ini membuktikan tidak adanya diskriminasi untuk warga kelas menengah ke bawah.
17. A Bukti tidak setujunya rakyat Indonesia terhadap upacara Seikerei adalah pemberontakan para santri Sukamanah yang dipimpin KH. Zaenal Mustafa.
18. C Jepang tetap berupaya untuk membentuk berbagai organisasi militer, semi militer maupun sosial, serta pengerahan tenaga wanita seperti Fujinkai dan Seindan.
19. B Perbedaan Kaibodan adalah barisan bantu Polisi, sedangkan Heiho adalah barisan pembantu prajurit (cadangan perang Pasifik).
20. D Hikmah yang dapat kita ambil dari masa penjajahan Jepang dalam bidang militer adalah terlatih dan terampilnya pemuda Indonesia secara militer maupun secara mental untuk dipersiapkan menghadapi perjuangan mempertahankan Indonesia Merdeka.

Kegiatan 2:

1. A Salah satu propaganda Jepang dalam mencari simpati Rakyat Indonesia adalah menyatakan diri sebagai saudara tua bangsa Asia dan berjanji untuk membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Barat.
2. A Dampak positif di bidang politik adalah melalui pembentukan organisasi pada masa pendudukan Jepang bangsa Indonesia banyak belajar tentang bagaimana memperjuangkan kemerdekan RI dalam posisi yang sangat sulit, minimal mentalitas nasionalisme para pemuda semakin berkembang.
3. C Tindakan politis yang dilakukan pemerintah Jepang untuk mempertahankan kekuasaan di Indonesia adalah mengangkat pegawaipegawai Indonesia untuk menggantikan pejabat Belanda yang ditawan, melarang bentuk kegiatan politik atau organisasi baik itu politik maupun keagamaan, karena dianggap membahayakan dan melarang pemasangan bendera selain bendera Jepang, khawatir akan memupuk tumbuhnya nasionalisme.
4. A Gerakan Tiga A dibentuk dengan maksud meyakinkan bangsa Indonesia bahwa Jepang memiliki kelebihan maupun Asia sehingga dengan keyakinan tersebut diharapkan Jepang dapat mencapai tujuan mengerahkan rakyat dalam perang Asia Timur Raya.
5. B Para pemimpin melihat bahwa pilihan secara kooperatif jauh lebih menguntungkan sehingga mereka bersedia bekerjasama melalui gerakan Tiga A minimal diharapkan dapat menjadi batu loncatan menuju kemerdekaan.
6. A Putera dibentuk oleh Jepang dengan harapan dapat menggerakkan kekuatan politik Rakyat sehingga bersedia membantu Jepang dalam menghadapi perang dengan sekutu.
7. B Putera dibentuk oleh Jepang dengan harapan dapat menggerakkan kekuatan politik Rakyat sehingga bersedia membantu Jepang dalam menghadapi perang dengan sekutu.
8. C Perkumpulan yang direkrut dalam kegiatan Putera antara lain perkumpulan istri Indonesia, para pegawai pos perkumpulan sport (olahragawan) Indonesia.
9. A Putera dibentuk oleh 4 serangkai: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantoro dan KH. Mas Mansyur
10. A Manfaat Putera minimal akan mempersiapkan mentalitas bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan.
11. C Tujuan pembentukan Jawa Hokokai adalah untuk memobilisasi barangbarang dan tenaga cadangan yang dibutuhkan dalam perang melalui Kinrohorsi/kerja bakti
12. A Pembentukan Chou Sang In adalah sebagai sebuah Dewan pertimbangan pusat diharapkan dapat menjadi penyalur aspirasi dan kepentingan rakyat.
13. D Bentuk reaksi rakyat Indonesia melihat kekejaman pemerintah Jepang adalah melakukan perlawanan PETA di Blitar.
14. C Faktor penyebab kekalahan tentara PETA dari Jepang adalah kurangnya persenjataan dan adanya ancaman terhadap pihak keluarga pemberontak serta kurangnya persatuan dan kesatuan.
15. B Faktor penyebab pemberontakan PETA di Blitar adalah tidak sanggup melihat penderitaan rakyat (Romusha) akibat perlakuan yang kejam.
16. B Bentuk perlawanan terhadap Jepang telah dilakukan sejak awal kedatangannya yang dipimpin oleh Teuku Abdul Jalil seorang guru mengaji di Cot Plieng Aceh 10 November 1942.
17. A Alasan khusus KH. Zaenal Mustafa seorang kyai dari pesantren Sukamanah (Tasik) adalah tidak menerima/menolak ajaran Seikerei dan tidak tega melihat penderitaan para rakyat.
18. A Istilah Seikerei adalah penghormatan terhadap Kaisar Jepang dengan cara membungkukkan badan menghadap matahari terbit.
19. B Pemberontakan di Karang Ampel Sindang Laut oleh H. Hadriyan disebabkan adanya penolakan terhadap pemaksaan pajak dan menolak kerja keras serta perlakuan kejam dari pemerintah Jepang.
20. C Kelompok-kelompok perlawanan ilegal pada masa Jepang antara lain kelompok pelajar pimpinan Sutan Syahrir dan kelompok Kaigun pimpinan Ahmad Soebarjo.

 

Kegiatan 3:

1. B Posisi Jepang mulai terdesak awal tahun 1944, terutama saat Angkatan Laut Amerika yang dipimpin Laksamana Nimitz berhasil menduduki posisi penting di Kepulauan Mariana dan menduduki Saipan, Tidian dan Guam.
2. C Deklarasi Kaiso diambil dari nama Perdana Menteri Jepang Kaiso Kuniaki yang telah berjanji akan memberi kemerdekaan pada Indonesia di kemudian hari.
3. D Jibakutai adalah pasukan berani mati yang dibentuk oleh Jepang untuk menghadapi Sekutu, yang diilhami oleh pasukan Kamikaze.
4. A Tujuan PM Kaiso memberi janji kemerdekaan semata - mata untuk menarik simpati dan tetap membuat Rakyat Indonesia percaya pada kekuatan militer Jepang serta bersedia memberi dukungan moral dan materiil untuk mempertahankan wilayah Indonesia dari serangan Sekutu.
5. C Pembentukan BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1945 sedangkan pelantikannya dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 1945 bertepatan dengan hari kelahiran Kaisar.
6. D Tujuan pembentukan BPUPKI adalah: untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik dan tata cara pemerintahan guna mempersiapkan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
7. D Tiga tokoh yang berperan dalam merumuskan dasar falsafah negara pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 adalah Ir. Soekarno, Mr. Muhammad Yamin dan Mr. Soepomo.
8. C Peranan Mr. Mohammad Yamin dalam sidang BPUPKI 29 Mei - Juni 1945 adalah merumuskan Dasar Negara Indonesia.
9. C Hasil sidang BPUPKI tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 adalah membicarakan tentang dasar falsafah negara Indonesia.
10. A Tugas Prof. Dr. PAA. Husein Djayadiningrat dalam proses penyusunan UUD adalah sebagai panitia penghalus bahasa dalam penyusunan UUD 1945.
11. D Yang termasuk dalam Tim panitia kecil yang bertugas membahas rancangan UUD negara adalah Mr. Achmad Soebarjo dan Mr. Soepomo dan lima orang lagi termasuk ketuanya yaitu Mr. Soepomo.
12. B Dua tokoh yang menjadi pemimpin BPUPKI adalah Rajiman Wedyodiningrat dan R. Suroso serta seorang Jepang Ichi Bangase sebagai wakil.
13. D Tujuan tiga tokoh BPUPKI pergi ke Dalat (Saigon) pada tanggal 9 Agustus 1945 adalah untuk menerima keputusan Jepang tentang kemerdekaan RI, selain itu sebagai simbolik pengesahan pembentukan PPKI, karena BPUPKI telah menyelesaikan tugasnya tanggal 7 Agustus 1945.
14. D Isi kesepakatan dari pertemuan tokoh nasionalis dengan Marsekal Terauchi di Saigon adalah memberikan kemedekaan yang pelaksanaannya dilakukan oleh PPKI.
15. B Berdasarkan hasil kesepakatan di atas maka wilayah Indonesia saat merdeka mencakup: seluruh batas wilayah Hindia Belanda kecuali Timor Timur.
16. C Peranan Prof. Dr. Soepomo pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 adalah mengusulkan lima dasar negara Indonesia pada tanggal 31 Mei 1945.
17. D Hasil sidang kedua BPUPKI tanggal 10 Juli 1945 - 16 Juli 1945 adalah menghasilkan rancangan UUD 1945.
18. B Peranan PPKI adalah melaksanakan upacara kemerdekaan bangsa Indonesia.
19. A Tujuan dibentuknya PPKI adalah.... mempersiapkan waktu, tempat dan panitia pelaksana proklamasi kemerdekaan RI.
20. B Reaksi golongan pemuda terhadap ketua PPKI setelah mengetahui Jepang menyerah pada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 adalah menuntut Soekarno - Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan RI lepas dari Jepang.