Kegiatan Belajar 1 | Kegiatan Belajar 2 | Kegiatan Belajar 3 | Rangkuman | Glossary | Pustaka | Latihan | Tes Akhir Modul

Wujud Akulturasi Kebudayaan Indonesia dan Kebudayaan Islam
Sebelum Islam masuk dan berkembang, Indonesia sudah memiliki corak kebudayaan yang dipengaruhi oleh agama Hindu dan Budha seperti yang pernah Anda pelajari pada modul sebelumnya.

Dengan masuknya Islam, Indonesia kembali mengalami proses akulturasi (proses bercampurnya dua (lebih) kebudayaan karena percampuran bangsa-bangsa dan saling mempengaruhi), yang melahirkan kebudayaan baru yaitu kebudayaan Islam Indonesia. Masuknya Islam tersebut tidak berarti kebudayaan Hindu dan Budha hilang.

Bentuk budaya sebagai hasil dari proses akulturasi tersebut, tidak hanya bersifat kebendaan/material tetapi juga menyangkut perilaku masyarakat Indonesia.

Untuk lebih memahami wujud budaya yang sudah mengalami proses akulturasi dapat Anda simak dalam uraian materi berikut ini.

1.

Seni Bangunan
Wujud akulturasi dalam seni bangunan dapat terlihat pada bangunan masjid, makam, istana. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak gambar 1 berikut ini.


Gambar 1. Masjid Aceh merupakan salah satu masjid kuno di Indonesia.

Wujud akulturasi dari masjid kuno seperti yang tampak pada gambar 1 memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Atapnya berbentuk tumpang yaitu atap yang bersusun semakin ke atas semakin kecil dari tingkatan paling atas berbentuk limas. Jumlah atapnya ganjil 1, 3 atau 5. Dan biasanya ditambah dengan kemuncak untuk memberi tekanan akan keruncingannya yang disebut dengan Mustaka.
  2. Tidak dilengkapi dengan menara, seperti lazimnya bangunan masjid yang ada di luar Indonesia atau yang ada sekarang, tetapi dilengkapi dengan kentongan atau bedug untuk menyerukan adzan atau panggilan sholat. Bedug dan kentongan merupakan budaya asli Indonesia.
  3. Letak masjid biasanya dekat dengan istana yaitu sebelah barat alun-alun atau bahkan didirikan di tempat-tempat keramat yaitu di atas bukit atau dekat dengan makam.
Mengenai contoh masjid kuno selain seperti yang tampak pada gambar 1 Anda dapat memperhatikan Masjid Agung Demak, Masjid Gunung Jati (Cirebon), Masjid Kudus dan sebagainya.

Apakah di daerah Anda terdapat bangunan masjid kuno ? Kalau ada, silahkan Anda mengkaji sendiri ciri-cirinya, apakah sesuai dengan uraian dalam modul ini? Selanjutnya silahkan Anda menyimak uraian materi seni bangunan berikutnya.

Selain bangunan masjid sebagai wujud akulturasi kebudyaan Islam, juga terlihat pada bangunan makam. Untuk itu silahkan Anda simak gambar 2 makam Sendang Duwur berikut ini.

 
Gambar 2. Makam Sendang Duwur (Tuban)

Setelah Anda mengenal gambar 2 makam Sendang Duwur (Tuban) tersebut, Silahkan Anda cari sendiri ciri-ciri dari bangunan makam tersebut kemudian tulis pendapat Anda pada titik-titik di bawah ini.
…………………………………………………………………………..............................
…………………………………………………………………………..............................
…………………………………………………………………………..............................
…………………………………………………………………………..............................

Selanjutnya cocokkan pendapat Anda dengan uraian materi berikut ini. Ciri-ciri dari wujud akulturasi pada bangunan makam terlihat dari:

  1. makam-makam kuno dibangun di atas bukit atau tempat-tempat yang keramat.
  2. makamnya terbuat dari bangunan batu yang disebut dengan Jirat atau Kijing, nisannya juga terbuat dari batu.
  3. di atas jirat biasanya didirikan rumah tersendiri yang disebut dengan cungkup atau kubba.
  4. dilengkapi dengan tembok atau gapura yang menghubungkan antara makam dengan makam atau kelompok-kelompok makam. Bentuk gapura tersebut ada yang berbentuk kori agung (beratap dan berpintu) dan ada yang berbentuk candi bentar (tidak beratap dan tidak berpintu).
  5. Di dekat makam biasanya dibangun masjid, maka disebut masjid makam dan biasanya makam tersebut adalah makam para wali atau raja. Contohnya masjid makam Sendang Duwur seperti yang tampak pada gambar 2 tersebut.
Apakah Anda sudah memahami ciri-ciri pada bangunan makam tersebut ? Kalau Anda sudah paham, silahkan Anda simak wujud akulturasi pada bangunan istana.

Bangunan istana arsitektur yang dibangun pada awal perkembangan Islam, juga memperlihatkan adanya unsur akulturasi dari segi arsitektur ataupun ragam hias, maupun dari seni patungnya contohnya istana Kasultanan Yogyakarta dilengkapi dengan patung penjaga Dwarapala (Hindu).

Demikianlah contoh wujud akulturasi pada seni bangunan untuk selanjutnya simak contoh wujud akulturasi yang berikutnya.


2.

Seni Rupa
Tradisi Islam tidak menggambarkan bentuk manusia atau hewan. Seni ukir relief yang menghias Masjid, makam Islam berupa suluran tumbuh-tumbuhan namun terjadi pula Sinkretisme (hasil perpaduan dua aliran seni logam), agar didapat keserasian, misalnya ragam hias pada gambar 3 ditengah ragam hias suluran terdapat bentuk kera yang distilir.


Gambar 3. Kera yang disamarkan

Ukiran ataupun hiasan seperti pada gambar 3, selain ditemukan di masjid juga ditemukan pada gapura-gapura atau pada pintu dan tiang. Untuk hiasan pada gapura dapat Anda simak kembali gambar 2

Setelah Anda menyimak gambar 2 tersebut, simak kembali uraian materi tentang wujud akulturasi berikutnya.

 

3.
Aksara dan Seni Sastra
Tersebarnya agama Islam ke Indonesia maka berpengaruh terhadap bidang aksara atau tulisan, yaitu masyarakat mulai mengenal tulisan Arab, bahkan berkembang tulisan Arab Melayu atau biasanya dikenal dengan istilah Arab gundul yaitu tulisan Arab yang dipakai untuk menuliskan bahasa Melayu tetapi tidak menggunakan tanda-tanda a, i, u seperti lazimnya tulisan Arab.

Di samping itu juga, huruf Arab berkembang menjadi seni kaligrafi yang banyak digunakan sebagai motif hiasan ataupun ukiran dan gambar wayang. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda amati gambar 4 ini.


Gambar 4. Kaligrafi dalam bentuk wayang
Keterangan : gambar belum ada (BA. Hal 130)

Sedangkan dalam seni sastra yang berkembang pada awal periode Islam adalah seni sastra yang berasal dari perpaduan sastra pengaruh Hindu – Budha dan sastra Islam yang banyak mendapat pengaruh Persia.

Dengan demikian wujud akulturasi dalam seni sastra tersebut terlihat dari tulisan/aksara yang dipergunakan yaitu menggunakan huruf Arab Melayu (Arab Gundul) dan isi ceritanya juga ada yang mengambil hasil sastra yang berkembang pada jaman Hindu.

Bentuk seni sastra yang berkembang adalah:

  1. Hikayat yaitu cerita atau dongeng yang berpangkal dari peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa). Contoh hikayat yang terkenal yaitu Hikayat 1001 Malam, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Pandawa Lima (Hindu), Hikayat Sri Rama (Hindu).
  2. Babad adalah kisah rekaan pujangga keraton sering dianggap sebagai peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi (Jawa Kuno), Babad Cirebon.
  3. Suluk adalah kitab yang membentangkan soal-soal tasawwuf contohnya Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang dan sebagainya.
  4. Primbon adalah hasil sastra yang sangat dekat dengan Suluk karena berbentuk kitab yang berisi ramalan-ramalan, keajaiban dan penentuan hari baik/buruk.

Bentuk seni sastra tersebut di atas, banyak berkembang di Melayu dan Pulau Jawa. Dari penjelasan tersebut, apakah Anda sudah memahami, kalau sudah paham silahkan diskusikan dengan teman-teman Anda, untuk mencari contoh bentuk seni sastra, seperti yang tersebut di atas yang terdapat di daerah Anda. Selanjutnya simaklah uraian materi wujud akulturasi berikutnya.

 

4.
Sistem Pemerintahan
Dalam pemerintahan, sebelum Islam masuk Indonesia, sudah berkembang pemerintahan yang bercorak Hindu ataupun Budha, tetapi setelah Islam masuk, maka kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu/Budha mengalami keruntuhannya dan digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam seperti Samudra Pasai, Demak, Malaka dan sebagainya.

Sistem pemerintahan yang bercorak Islam, rajanya bergelar Sultan atau Sunan seperti halnya para wali dan apabila rajanya meninggal tidak lagi dimakamkan dicandi/dicandikan tetapi dimakamkan secara Islam.

Demikianlah penjelasan wujud akulturasi dalam salah satu hal sistem pemerintahan. Selanjutnya simak wujud akulturasi berikutnya.

 

5.

Sistem Kalender
Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah mengenal Kalender Saka (kalender Hindu) yang dimulai tahun 78M. Dalam kalender Saka ini ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi, pahing, pon, wage dan kliwon. Apakah sebelumnya Anda pernah mengetahui/mengenal hari-hari pasaran?

Setelah berkembangnya Islam Sultan Agung dari Mataram menciptakan kalender Jawa, dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan (komariah) seperti tahun Hijriah (Islam).

Pada kalender Jawa, Sultan Agung melakukan perubahan pada nama-nama bulan seperti Muharram diganti dengan Syuro, Ramadhan diganti dengan Pasa. Sedangkan nama-nama hari tetap menggunakan hari-hari sesuai dengan bahasa Arab. Dan bahkan hari pasaran pada kalender saka juga dipergunakan.

Kalender Sultan Agung tersebut dimulai tanggal 1 Syuro 1555 Jawa, atau tepatnya 1 Muharram 1053 H yang bertepatan tanggal 8 Agustus 1633 M.

Untuk mengetahui bentuk kalender jawa tersebut, silahkan Anda amati gambar 5 berikut ini.

Gambar 5. Kalender Jawa

Demikianlah uraian materi tentang wujud akulturasi kebudayaan Indonesia dan kebudayaan Islam, sebenarnya masih banyak contoh wujud akulturasi yang lain, untuk itu silahkan diskusikan dengan teman-teman Anda, mencari wujud akulturasi dari berbagai pelaksanaan peringatan hari-hari besar Islam atau upacara-upacara yang berhubungan dengan keagamaan. Hasil diskusi Anda, nanti Anda kumpulkan kepada guru bina di sekolah penyelenggara.

Selanjutnya kerjakanlah latihan-latihan soal berikut ini, agar tingkat pemahaman Anda dapat terukur. Selamat mengerjakan!


1. Berikan penjelasan tentang ciri-ciri wujud akulturasi pada seni bangunan berikut ini.


2. Sebutkan nama-nama masjid kuno dan daerahnya sebagai hasil wujud akulturasi.


3. Berikan contoh dan penjelasan ciri-ciri wujud akulturasi pada seni rupa dan aksara pada kolom di bawah ini.


4. Berikan contoh dan penjelasan wujud akulturasi dalam seni sastra.


5. Berikan penjelasan tentang kalender Jawa


Untuk meyakinkan jawaban Anda, cocokkanlah dengan kunci jawabannya berikut ini.

1.
a. Masjid kuno cirinya :
  1. Beratap tumpang, dan kemuncaknya disebut Mustaka.
  2. tidak dilengkapi dengan menara tetapi dilengkapi dengan bedug atau kentongan.
  3. terletak di pusat kota/di ibukota atau di tempat-tempat keramat.
b. Makam kuno cirinya :
  1. Terletak di atas bukit, atau tempat yang dianggap keramat yang dibuat berundak-undak
  2. dilengkapi dengan kijing/jirat dan nisan yang terbuat dari batu.
  3. dilengkapi dengan cungkup/kubah
  4. diberi tembok atau gapura yang berbentuk kori agung atau candi bentar.
  5. terdapat bangunan masjid.

 

2.

a. Masjid Sendang Duwur /Tuban
b. Masjid Agung Demak/Demak
c. Masjid Kudus / Kudus
d. Masjid Agung Banten/Banten.

 

3.
a.

seni rupa/seni pahat dan seni hias contohnya: ukiran pintu, hiasan dinding, batu nisan, gapura, ciri-cirinya:
- motifnya daun-daunan, bunga-bungaan
- atau makhluk hidup yang disamarkan
- tulisan kaligrafi. \

 

b. Aksara contoh Arab Melayu/Arab Gundul. Ciri-cirnya huruf Arab tetapi tidak memakai tanda baca/harakat.

 

4.
a.

Hikayat adalah dongeng yang berpangkal dari peristiwa-peristiwa tokoh-tokoh sejarah.
Contohnya : Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Sri Rama, Hikayat Panji Kuda Semirang.

b. Babad adalah karya sastra rekaan yang dianggap sebagai cerita/peristiwa sejarah.
Contohnya : Babat Tanah Jawi, Babat Cirebon
c. Suluk adalah kitab yang membentangkan soal-soal tasawuf.
Contohnya : Suluk Wujul, suluk Sukarsa
d. Primbon adalah kitab yang berisi ramalan, keajaiban dan penentu hari baik.

 

5.
Kalender Jawa adalah kalender yang diciptakan Sultan Agung pada tahun 1043 atau 1643 M. yang merupakan perpaduan antara kalender saka dengan kalender Islam yaitu dimulai tanggal 1 Syuro 1555 Jawa.


Bagaimana dengan jawaban Anda apakah sudah sesuai ? Bagus ! Jika Anda dapat menjawab dengan tepat.

Demikianlah uraian materi kegiatan belajar 1, semoga Anda sudah mampu memahami materi ini dengan baik. Untuk selanjutnya kerjakanlah tugas kegiatan belajar 1 berikut dengan cermat dan bacalah petunjuk soalnya terlebih dahulu. Selamat mengerjakan.


Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia | Wujud Akulturasi Kebudayaan Indonesia dan Kebudayaan Islam | Tugas Kegiatan 1