.: KEGIATAN BELAJAR 2

PERANAN KIMIA DALAM PERKEMBANGAN IPTEK

>>Pada akhir kegiatan, diharapkan Anda dapat :
  1. Menjelaskan peranan kimia dalam perkembangan iptek.
2. Menyebutkan prinsip-prinsip metode ilmiah.
3. Menyebutkan penggunaan metode ilmiah dalam perkembangan ilmu
  Kimia.

Peranan Kimia Dalam Perkembangan IPTEK | Peranan Ilmu Kimia Dalam Menyelesaikan Masalah Global | Prinsip-Prinsip Metode Ilmiah | Rangkuman 2 | Tugas-2
KEGIATAN BELAJAR 1
| Home


C. PRINSIP PRINSIP METODE ILMIAH

Berkat kerja keras para ahli kimia dalam melakukan studi atau penelitian, kita telah menikmati hasilnya untuk memenuhi berbagai keperluan hidup.

Pendekatan umum yang biasanya digunakan untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu kimia adalah “Metode Ilmiah”. Metode ilmiah merupakan langkah-langkah pekerjaan seorang ilmuwan dalam melakukan penelitian. Pemahaman metode ilmiah membuat kita dapat bersikap ilmiah di dalam melakukan/menyikapi sesuatu.

Pembahasan metode ilmia mencakup :
1. Penemuan masalah
2. Perumusan masalah
3. Pengamatan
4. Perumusan hipotesis
5. Eksperimen, dan
6. Membuat laporan

Sebagai contoh : masalah penjernihan air sungai atau air sumur

Penemuan masalah
Penelitian selalu berawal dari penemuan masalah. Air sungai atau air sumur sering terlihat kuning dan berbau. Air tersebut tidak dapat digunakan untuk diminum, bahkan untuk mencuci pakaianpun tidak baik, karena pakaian yang dicuci akan berubah menjadi kuning.

Perumusan masalah
Setelah menemukan masalah, kita harus merumuskan masalah, bagaimana agar air tersebut dapat digunakan untuk mencuci.

Pengamatan
Sebelum melakukan tindakan penjernihan air tersebut, kita harus melakukan pengamatan terhadap keadaan air seperti warna air, kekeruhannya dan baunya.

Perumusan Hipotesis
Dari hasil pengamatan, kita dapat merumuskan hipotesis yang membuat perkiraan jalan keluar (solusi)nya. Salah satu usaha untuk memperbaiki warna atau keruh atau bau air tersebut dengan jalan menyaring air tersebut, dengan menggunakan saringan pasir, ijuk dan lain-lain.

Melakukan eksperimen
Lakukan eksperimen, dengan menyediakan alat atau bahan yang diperlukan. Jika hasil eksperimen, tidak memuaskan, eksperimen alternatif dilakukan, hingga hasilnya memuaskan.

Membuat laporan
Setiap penelitian berakhir dengan membuat laporan. Laporan harus bersifat jujur, apa adanya, sesuai dengan hasil yang didapatkan. Dengan demikian orang lain pun dapat memanfaatkan hasil eksperimen yang Anda lakukan.

Di atas telah dijelaskan langlah-langkah penyelidikan yang dilakukan para ahli kimia yang dikenal dengan metode ilmiah. Dan harus diingat di dalam melakukan eksperimen, Anda harus dapat memilih peralatan eksperimen yang sesuai. Adapun peralatan eksperimen dalam Laboratorium Kimia antara lain dapat Anda lihat pada gambar berikut:

 

Gambar 1.6 Beberapa peralatan dalam laboratorium kimia

Dengan mengenali alat alat ini, Anda juga harus dapat menentukan peralatan yang sesuai untuk eksperimen yang akan Anda lakukan. Sebagai contoh : jika Anda ingin mengukur 20 ml alkohol, maka pilihlah silinder ukur ukuran 20 ml, jangan Anda gunakan gelas kimia (beaker gelas).

Bagaimana pahamkah Anda ?

Tugas :
Coba Anda pikirkan langkah-langkah apa yang Anda lakukan jika di sekitar tempat tinggal Anda, banyak tumpukan tempurung kelapa, dan bagaimana tindakan Anda agar tempurung kelapa tersebut dapat bermanfaat.

Contoh :
Laporan percobaan

Percobaan penjernihan air sumur

Diagram percobaan


Metode :
Air sumur/sungai yang keruh dituangkan melalui saringan pasir.Air saringan ditampung dalam gelas bersih.Saringan pasir diganti dengan ijuk kemudian, saringan ijuk diganti dengan kapas.Air hasil penyaringan dengan pasir, ijuk maupun kapas dibandingkan kejernihannya.

Hasil : Penyaringan air sungai / keruh sebagai berikut

Jenis Saringan
Keadaan Air Sungai
Hasil Penyaringan
Pasir
keruh, kuning coklat
air tetap kuning
Ijuk
keruh, kuning coklat
agak keruh
Kapas
keruh, kuning coklat
jernih

Kesimpulan :
Berdasarkan percobaan diatas kapas merupakan sariangan yang lebih effektif dibandingkan pasir dan ijuk untuk menjernihkan air keruh

Melalui penjelasan pada kegiatan belajar 2, Anda telah paham akan peranan kimia dalam perkembangan IPTEK dan metode ilmiah digunakan dalam perkembanngan ilmu kimia. Melalui pelajaran ini, Anda telah mempelajari tentang kimia di sekitar Anda dan jelaslah bahwa kehidupan ini tidak dapat terlepas dari bahan kimia dan proses kimia. Bahan dan proses kimia sangat berguna untuk kehidupan manusia, namun sebagian bahan dan proses kimia dapat merugikan, jika Anda telah memanfatkannya. Mudah-mudahan Anda dapat termotivasi untuk mendalami ilmu kimia yang akan disajikan pada modul modul berikutnya.

Latihan
1. Apa itu metode ilmiah ?
2. Jelaskan konsep/langkah–langkah metode ilmiah
3. Coba sebutkan 2 alat kimia dalam laboratorium

Jika Anda telah menjawabnya, cocokkan jawaban Anda dengan kunci berikut.
1.
Metode ilmiah adalah pendekatan umum yang biasanya digunakan untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu kimia.
2. Langkah-langkah metode ilmiah : Penemuan masalah
Perumusan masalah
Pengamatan
Perumusan hipotesis
Eksperimen dan
Membuat laporan
3.
Nama alat-alat eksperimen antara lain : Tabung reaksi, silinder ukur, corong dan lain-lain.

Bagaimana benarkah jawaban Anda ?
Untuk memudahkan Anda memahami semua materi kegiatan 2, pelajari rangkuman 2.


Peranan Kimia Dalam Perkembangan IPTEK | Peranan Ilmu Kimia Dalam Menyelesaikan Masalah Global | Prinsip-Prinsip Metode Ilmiah | Rangkuman 2 | Tugas-2
KEGIATAN BELAJAR 1
| Home
PUSTEKKOM@2005